5 Hal Yang Terjadi Seandainya Jokowi-Prabowo Bersatu, No.5 Bikin Kamu Mikir !

SHARE:

Pilpres Indonesia
iPost.id - Apa yang terjadi seandainya Jokowi-Prabowo bersatu ?  Pembaca, kali ini iPost.id membuat rubrik baru yaitu Opini. Opini perdana yang diposting kali ini adalah "5 Hal Yang Terjadi Seandainya Jokowi-Prabowo Bersatu, No.5 Bikin Kamu Mikir !". Terlepas dari respon pembaca nantinya, iPost.id hanya memunculkan sudut pandang yang berbeda. Bukan sebagai pernyataan ataupun dukungan.

Saat ini dunia politik Indonesia sedang mengalami dinamika. Hampir seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, sosial, politik, ekonomi, kedaulatan dan keamanan serta ketahanan negara turut mengalami dampak. Hampir di setiap sudut kota hingga desa membahas politik terkini.

Baca juga :



Menurut iPost.id, dinamika ini mulai berkembang ke hal-hal yang sebenarnya tidak penting sejak Pilpres (Pemilu Presiden) 2014 lalu. Saat itu ada 2 kubu dengan kekuatan hampir berimbang, yaitu kubu Joko Widodo dan kubu Prabowo Subianto. Joko Widodo atau Jokowi memenangkan pertarungan dan saat ini menjadi Presiden RI yang ke-7 sepanjang sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada saat Pilpres 2014 tersebut, Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla didukung oleh Koalisi Indonesia Hebat (sering disingkat KIH). KIH adalah koalisi partai politik di Indonesia terdiri dari PDI-P, PKB, Partai NasDem, Partai Hanura, dan PKP Indonesia. Koalisi tersebut dideklarasikan pada saat acara Deklarasi Jokowi-JK pada 19 Mei 2014 di Gedung Djoeang, Jakarta. Terjadinya dinamika perpolitikan di Indonesia, menjadikan koalisi semakin kuat.

Pada perjalanannya, pada bulan Oktober 2014, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) turut bergabung. Terakhir, pada bulan September 2015, Partai Amanat Nasional secara resmi ikut bergabung dan menyatakan keluar dari  KMP (Koalisi Merah Putih) pendukung Prabowo (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Koalisi_Indonesia_Hebat).

Dalam periode kepemimpinan Jokowi hingga tahun 2017 ini, dinamika politik Indonesia berkembang ke hal-hal yang tidak semestinya. Saling serang antara kedua kubu (kubu pendukung Jokowi dan Pemerintah dengan kubu pendukung Prabowo) menyentuh hal-hal sensitif, diantaranya urusan pribadi dan keluarga. iPost.id melihat ini sebagai dukungan kebablasan. Hampir sebagian besar perang opini yang terjadi baik di dunia maya maupun di kehidupan sebenarnya lebih kepada penyebaran konten negatif. Hal ini semakin panas apalagi menjelang akan berlangsung Pilpres 2019. Sejumlah pihak mulai menggoreng hal-hal paling pribadi dari kedua kubu sebagai "jualan" dan media pun turut mengemas gorengan tadi.

iPost.id mencoba membuat sudut pandang lain, dengan mengabaikan hal-hal tidak penting tadi (perang opini, perang pernyataan, fitnah dan ujaran kebencian, menjatuhkan nama dan organisasi tertentu). Ini mirip judul lagu.
Jokowi-Prabowo Subianto
Suasana saat silaturahmi Jokowi dan Prabowo Subianto beberapa waktu lalu


Seandainya Jokowi dan Prabowo Bersatu

Tidak ada yang memungkiri kedua tokoh ini memiliki prestasi hebat dalam bidangnya. Jokowi dan Prabowo Subianto sudah pernah berhubungan dalam Pilgub DKI Jakarta tahun 2012 lalu. Saat itu Jusuf Kalla menyarankan Jokowi agar maju. Partai Gerindra sendiri juga mengajukan dukungan. Akhirnya PDI-P merekomendasikan Jokowi untuk maju sebagai cagub DKI Jakarta.Tapi, apa yang terjadi jika keduanya bersatu ?
  1. Indonesia menjadi solid. Dalam hal program dan kebijakan, Pemerintah akan memiliki legitimasi yang sangat kuat. Jokowi dikenal tegas dan sering mengeluarkan terobosan selama terselanggaranya pemerintahan. Diantaranya adalah kebijakan infrastruktur yang kini telah menyentuh daerah terpencil seperti Papua. Selain itu terobosan lainnya adalah dalam bidang pendidikan berupa program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan program Kartu Indonesia Sehat (KIS). Di sisi lain, Prabowo juga memiliki program dan kebijakan yang menyentuh akar rumput. Pengalamannya sebagai Ketua HKTI, Ketua APPSI menjadikan Prabowo sering mengkritisi kebijakan pemerintah. Dengan kata lain, tujuan dari kedua tokoh ini adalah sama-sama menginginkan adanya kebijakan yang menyentuh akar rumput. 
  2. Aset negara bisa diselamatkan. Terobosan Jokowi dalam divestasi Freeport sebesar 51% menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kekuatan yang diperhatikan di dunia. Aset-aset yang selama ini dikuasai lebih besar oleh pihak asing perlahan-lahan bisa diambil alih. Prabowo juga memiliki misi yang sama. Dalam kampanyenya tahun 2014 lalu, Prabowo menyinggung sejumlah aset negara yang tidak bisa dikuasai Indonesia di tanahnya sendiri. 
  3. Indonesia bisa mandiri. Prabowo berkali-kali menyatakan utang dan pinjaman luar negeri sebagai salah satu merosotnya tingkat kehidupan masyarakat. Indonesia harus mampu membiayai pembangunannya dengan mandiri. Jokowi telah menunjukkan keseriusannya terkait pembiayaan pembangunan secara mandiri dan penyelamatan kas negara. Sejumlah terobosan telah dilakukan meskipun sering mendapat kritik. Diantaranya adalah Tax Amnesty bagi pengemplang pajak serta dukungan terhadap KPK terkait korupsi dan penyalahgunaan uang negara untuk kepentingan pribadi. Sejumlah pemimpin daerah dan partai telah ditangkap dan diproses terkait korupsi melalui OTT (Operasi Tangkap Tangan). Hasilnya adalah kembalinya trilyunan rupiah ke kas negara.
  4. Indonesia akan kuat dalam hal keamanan dan kedaulatan wilayah. Prabowo adalah petarung tangguh. Indonesia punya prajurit hebat. Prabowo adalah pengatur strategi lapangan dan memiliki intelijen yang setia. Pengalamannya dalam sejumlah operasi merupakan referensi. Jokowi juga telah melakukan terobosan dalam bidang kedaulatan dan keamanan negara. Kebijakan menenggelamkan kapal asing yang mengambil ikan di kawasan perairan Indonesia adalah melalui Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang terkenal ganas. Pemerintah juga mendukung TNI melakukan terobosan-terobosan militer. Prestasi TNI di luar negeri mulai diperhitungkan. TNI siap melakukan apa saja untuk melindungi kedaulatan dan keamanan negara, termasuk rongrongan kelompok-kelompok radikal serta rencana ISIS untuk memerangi Indonesia. 
  5. Konten hoax, fitnah dan ujaran kebencian dengan unsur SARA akan diminimalisir. Tidak dipungkiri, kedua kubu memiliki fans pendukung fanatik. Tapi bisa saja fanatisme ini dimanfaatkan pihak lain untuk memanaskan suasana dan mengadudomba. Sejumlah netizen di media sosial bahkan sudah terang-terangan melakukan fitnah kepada kedua belah pihak. Hal-hal sekecil apapun dari kedua belah pihak siap digoreng dan selalu hangat untuk diperbincangkan. Sampai-sampai ada yang rela merekam siaran TV seperti video Indonesia Lawyer Club (ILC) di sebuah stasiun televisi nasional untuk kemudian diupload di medsos dan dishare dengan vulgar. (Baca juga : Kasus Saracen, Presiden : Usut Tuntas Saracen dan Siapapun Pendanya dan Pemesannya)

5 hal di atas adalah potensi yang bisa terjadi seandainya Jokowi-Prabowo bersatu, meskipun masih banyak hal lain yang bisa berpotensi (pembaca bisa menambahkan). iPost.id sendiri yakin, bila opini diposting akan memunculkan perdebatan. Tapi tidak masalah, selama sifatnya membangun dan memperluas khasanah politik Indonesia untuk dikemas positif. (iPost.id)

COMMENTS

Nama

Artikel,10,Berita,20,DPR,3,e-KTP,1,Exclusive,13,Hate Speech,5,Hiburan,3,ISIS,2,Isu PKI,2,jokowi,4,Kesehatan,2,Konflik Rohingya,6,KPK,3,Mitos Dan Fakta,1,Opini,4,Otomotif,3,Pekerja,2,Pilpres 2019,4,Prabowo,3,Sains,2,Seleb,3,Terorisme,3,Unik,5,Viral,22,
ltr
item
iPost.ID: 5 Hal Yang Terjadi Seandainya Jokowi-Prabowo Bersatu, No.5 Bikin Kamu Mikir !
5 Hal Yang Terjadi Seandainya Jokowi-Prabowo Bersatu, No.5 Bikin Kamu Mikir !
Jokowi dan Prabowo, Kekuatan Jokowi dan Prabowo, Seandainya Jokowi dan Prabowo bersatu,
https://3.bp.blogspot.com/-zkUv8qFOGUE/WafhYehcyZI/AAAAAAAAAX8/GSh2R9ojFLw9IlSiiW15a18ndgObiIZyACLcBGAs/s640/jokowi-prabowo-bersatu.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-zkUv8qFOGUE/WafhYehcyZI/AAAAAAAAAX8/GSh2R9ojFLw9IlSiiW15a18ndgObiIZyACLcBGAs/s72-c/jokowi-prabowo-bersatu.jpg
iPost.ID
http://www.ipost.id/2017/08/5-hal-terjadi-bila-jokowi-prabowo-bersatu.html
http://www.ipost.id/
http://www.ipost.id/
http://www.ipost.id/2017/08/5-hal-terjadi-bila-jokowi-prabowo-bersatu.html
true
2401734747666042421
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy